Don't Miss
Home » article » Venezia Pilih Duta Bahasa STKIP

Venezia Pilih Duta Bahasa STKIP

STKIPPGRI-BANGKALAN, Selasa pagi (23/10/2017), kampus STKIP kedatangan tamu yang tidak biasa. Ia adalah Venezia Indra, Miss Indonesia perwakilan Jawa Timur tahun 2016 hadir dalam pemilihan duta bahasa STKIP PGRI Bangkalan. Mengenakan baju batik merah segar, Venezia Indra membuat suasana riuh seluruh penonton dan peserta lomba pemilihan duta bahasa yang sudah menunggu di Graha STKIP.

Sebanyak 20 pasang mahasiswa dan mahasiswi calon duta bahasa dari berbagai program studi yang ada di kampus STKIP ikut andil di acara tersebut. Pemilihan duta bahasa ini dibuka secara simbolis oleh ketua STKIP PGRI Bangkalan, Dr.H. Sunardjo SH., M.Hum. Dalam sambutannya, Ketua STKIP berharap agar pemilihan duta bahasa STKIP bisa memacu para mahasiswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mahasiswa juga diharapkan menguasai bahasa asing serta mencintai bahasa daerah sebagai bagian dari kekayaan bangsa Indonesia.

Satu per satu peserta maju ke atas panggung dan menceritakan kekayaan budaya Madura di hadapan para juri dan penonton. Para peserta cukup bersemangat menceritakan pengetahuan mereka tentang budaya Madura yang beragam. Aspek penilaian dalam pemilihan duta bahasa tahun 2017 ini adalah penampilan, kemampuan berbahasa yang baik dan benar, serta tingkat pengetahuan tentang budaya Madura.

Setelah melalui penilaian yang ketat, sebanyak sepuluh pasang putra putri lolos ke babak berikutnya. Pada babak sepuluh besar, para peserta memilih pertanyaan yang disediakan oleh panitia. Sedangkan pada babak lima besar, pertanyaan berasal dari dewan juri.

Venezia—panggilan akrab Venezia Indra—menjadi juri satu yang ikut memberikan pertanyaan kepada para peserta. Pertanyaan yang dilontarkan oleh Venezia di antaranya, “Bagaimana cara anda mencintai dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di tengah beragamnya bahasa daerah yang ada di Indonesia?”

Peserta dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris keluar sebagai pemenang duta bahasa STKIP PGRI Bangkalan tahun 2017. Yakni, Suhaibin Shofa dan Rindi Yulianti. Keriuhan pendukung keduanya semakin terdengar ketika Venezia bersama ketua STKIP mengalungkan kain slempang duta bahasa serta memberikan piagam penghargaan. (bag.humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*